cover
Contact Name
Sulistyo
Contact Email
endiswk@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jurnal.modernisasi@unikama.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148)
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Modernisasi
ISSN : 0216373X     EISSN : 25024078     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi Modernisasi is a peer-reviewed journal that disseminates research in the fields of management and accounting. The journal publishes issues every February, June, and October. It covers a large variety of topics of management and accounting as a medium for practitioners, academics, independent researchers to publish articles that contribute to the development of science. The journal is published with fully open access. Jurnal Ekonomi Modernisasi was firstly published in printed version in 2005 (ISSN 0216-373X), but since 2016, the journal has been published online (ISSN 2502-4078). It is published by the Economics and Business Faculty, University of Kanjuruhan Malang, Indonesia. Jurnal Ekonomi Modernisasi promotes the ideas and information among researchers that have been achieved in the area of: financial management, marketing management, human resource management, behavior organizational, good governance, strategic management, entrepreneurship, management accounting, financial accounting, public sector accounting, Islamic accounting, auditing, taxation, business ethics.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2009): Februari" : 5 Documents clear
PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL: KOMITMEN ORGANISASI DAN JOB RELATED STRESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Dianawati, Eris
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 5 No. 1 (2009): Februari
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.725 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial, menganalisis pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial apabila komitmen organisasi di masukkan sebagai variabel intervening, dan menganalisis pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial apabila job-related stress dimasukkan sebagai variabel intervening. Populasi ini adalah lembaga pendidikan Technos di Jawa Timur sejumlah 60 buah kantor cabang. Dari 60 buah kantor cabang lembaga pendidikan Primagama di Jawa Timur ternyata hanya 54 yang memiliki kepala cabang dan yang dapat dijadikan sampel. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil studi ini mengindikasikan bahwa komitmen organisasi dan job-related stress merupakan variabel penting untuk pencapaian prestasi kinerja manajerial yang baik. Prestasi yang diartikan sebagai keterlibatan  dan pengaruh manajer dalam menentukan anggarannya, memberikan  dampak positif untuk menumbuhkan komitmen terhadap organisasi tempat mereka bekerja.
ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN Wilujeng, Sri
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 5 No. 1 (2009): Februari
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.326 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan situasional  yang terdiri dari perilaku tugas, perilaku hubungan, dan kematangan psikologis terhadap kinerja karyawan dan untuk menganalisis kepemimpinan situasional yang terdiri dari perilaku tugas, perilaku hubungan, dan kematangan psikologis, mana yang lebih berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan PT. Gudang Garam di Kediri, Jawa Timur. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksplanasi yaitu penelitian yang berusaha menjelaskan bagaimana variabel-variabel yang diteliti akan menjelaskan obyek yang diteliti melalui data yang terkumpul. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik survai. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan dari ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan adalah kematangan psikologis karyawan
PELAKSANAAN SERTIFIKASI ISO 9000 SEBAGAI ANTESENDEN KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR Respati, Harianto
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 5 No. 1 (2009): Februari
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (82.011 KB)

Abstract

The prevailing free of CAFTA makes South East Asia becoming the new economical area for China. For most manufacturers, it is new opportunity and challenge for them to improve their performances by improving quality of the products and customer satisfaction. Export and import activities among the ASEAN countries and China make the standardized role of ISO 9000 to be most strategic for the manufacturing products. This journal is presented to assist the next researchers who require references about ISO 9000 review and Customer Satisfaction, both theoretically and practically
REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PENGUMUMAN STOCK SPLIT (Studi pada Perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia) Susilawati, R. Anastasia Endang
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 5 No. 1 (2009): Februari
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.268 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis abnormal return di seputar pengumuman stock split dan menganalisis volume perdagangan saham di seputar pengumuman stock split.  Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat dikemukakan bahwa tidak ada AAR yang signifikan di seputar pengumuman stock split. Hal ini menunjukkan bahwa pengumuman stock split tidak menyebabkan reaksi yang signifikan terhadap abnormal return yang diterima investor.  Hasil pengujian ini menolak hipotesis pertama yang menyatakan bahwa pengumuman stock split menyebabkan reaksi pasar yang diproksikan dengan abnormal return. Pada dasarnya stock split tidak menambahkan nilai perusahaan atau dengan kata lain stock split tidak mempunyai nilai ekonomis. Hal inilah yang menyebabkan pengumuman stock split tidak menyebabkan reaksi pasar yang berakibat pada perubahan pada harga saham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume perdagangan saham yang signifikan hanya terjadi pada saat pengumuman stock split. Sedangkan pada hari +1 setelah stock split, dan hari +3 setelah stock split volume perdagangan saham signifikan tetapi dengan taraf kesalahan 10%. Sebelum pengumuman stock split volume perdagangan saham adalah signifikan, hal ini menunjukkan adanya kebocoran informasi dimana investor telah mengetahui tentang adanya pengumuman stock split yang dilakukan emiten, sehingga menyebabkan adanya pergerakan volume perdagangan saham yang signifikan sebelum pengumuman. Volume perdagangan saham signifikan di seputar pengumuman stock split menunjukkan bahwa pengumuman stock split memiliki kandungan informasi yang cukup menyebabkan pasar bereaksi dicerminkan dari pergerakan volume perdagangan
STRATEGI NEW PRODUCT DEVELOPMENT (NPD-PROCESS) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG BERBASIS INOVASI Ardianto, Yusaq Tomo
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 5 No. 1 (2009): Februari
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.2 KB)

Abstract

Pemberlakuan perdagangan bebas ACFTA menjadikan Asia Tenggara sebagai potensi pasar yang sangat besar, selain itu juga sebagai potensi produksi yang juga cukup besar, sehingga banyak pengusaha ataupun investor untuk menanamkan modalnya di wilayah yang sedang tumbuh dan berkembang ini. Kunci sukses perusahaan di dalam memenangkan persaingan salah satunya adalah dengan cara melakukan kegiatan usahanya dekat dengan pasar dan mengembangkan/melakukan inovasi produk baru atau NPD.  Analisis konseptual ini khususnya memberikan penjelasan tentang sebuah produk bukan jasa, bagaimana produk baru tersebut berproses dan berkembang, dan bagaimana inovasi yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur pada produk yang dikembangkannya dan alasan-alasan mengapa perlu dilakukannya pengembangan produk baru dan inovasi produk

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2009 2009


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 1 (2023) Vol. 18 No. 3 (2022) Vol. 18 No. 2 (2022): Juni Vol. 18 No. 1 (2022): Februari Vol. 17 No. 3 (2021): Oktober Vol. 17 No. 2 (2021): Juni Vol. 17 No. 1 (2021): Februari Vol. 16 No. 3 (2020): Oktober Vol. 16 No. 2 (2020): Juni Vol. 16 No. 1 (2020): Februari Vol. 15 No. 3 (2019): Oktober Vol. 15 No. 2 (2019): Juni Vol. 15 No. 1 (2019): Februari Vol. 14 No. 3 (2018): Oktober Vol. 14 No. 2 (2018): Juni Vol. 14 No. 1 (2018): Februari Vol. 13 No. 3 (2017): Oktober Vol. 13 No. 2 (2017): Juni Vol. 13 No. 1 (2017): Februari Vol. 12 No. 3 (2016): Oktober Vol. 12 No. 2 (2016): Juni Vol. 12 No. 1 (2016): Februari Vol. 11 No. 3 (2015): Oktober Vol. 11 No. 2 (2015): Juni Vol. 11 No. 1 (2015): Februari Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober Vol. 10 No. 2 (2014): Juni Vol. 10 No. 1 (2014): Februari Vol. 9 No. 3 (2013): Oktober Vol. 9 No. 2 (2013): Juni Vol. 9 No. 1 (2013): Februari Vol. 8 No. 3 (2012): Oktober Vol. 8 No. 2 (2012): Juni Vol. 8 No. 1 (2012): Februari Vol. 7 No. 3 (2011): Oktober Vol. 7 No. 2 (2011): Juni Vol. 7 No. 1 (2011): Februari Vol. 6 No. 3 (2010): Oktober Vol. 6 No. 2 (2010): Juni Vol. 6 No. 1 (2010): Februari Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober Vol. 5 No. 2 (2009): Juni Vol. 5 No. 1 (2009): Februari Vol. 4 No. 3 (2008): Oktober Vol. 4 No. 2 (2008): Juni Vol. 4 No. 1 (2008): Februari Vol. 3 No. 3 (2007): Oktober Vol. 3 No. 2 (2007): Juni Vol. 3 No. 1 (2007): Februari Vol. 2 No. 3 (2006): Oktober Vol. 2 No. 2 (2006): Juni Vol. 2 No. 1 (2006): Februari Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober Vol. 1 No. 2 (2005): Juni Vol. 1 No. 1 (2005): Februari More Issue